Pembuatan Website

3 Langkah Wajib Untuk Pembuatan Website Yang Profesional

Table of Contents

Pembuatan Website

Aneh rasanya jika tidak mempunyai website di era digital seperti sekarang. Apalagi website sangat berguna dalam mengembangkan suatu bisnis. Contohnya untuk meningkatkan brand, memasarkan produk/jasa, menjalin komunikasi, dan sebagainya. Sebenarnya, tujuan pembuatan website tidak hanya sebatas bisnis, lebih dari itu.

Pada dasarnya setiap orang membuat website untuk berbagai tujuan dan alasan. Tidak hanya bisnis semata. Banyak yang menggunakan jasa pembuatan website murah sekedar untuk menyalurkan hobi menulisnya atau membuat portofolio pribadi (personal branding).

Namun, apapun tujuan Anda membuat website, ada hal penting yang harus diketahui. Website dapat menjadi ladang penghasilan bagi Anda. Puluhan bahkan hingga ratusan orang di Indonesia mendapat uang melalui websitenya. Penghasilan tersebut mereka hasilkan lewat penayangan iklan maupun penjualan jasa / produk melalui website.

Tidakkah Anda tertarik mencobanya? Tetapi, sebelum memutuskan membuat website, sebaiknya rencanakan secara matang terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga, proses pembuatan website harus direncanakan secara cermat.

Pembuatan Website

Langkah-langkah Mempersiapkan Pembuatan Website

Terdapat beberapa persiapan yang harus Anda ketahui saat ingin membuat website sendiri maupun perusahaan. Perencanaan yang terukur akan mempermudah Anda dalam mengelola website baru nantinya.

Berikut adalah beberapa langkah dalam mempersiapkan pembuatan website perusahaan maupun pribadi.

1. Menentukan Jenis Website

Tentukan jenis website apa yang akan Anda pakai. Pemilihan jenis website dilakukan di tahap awal supaya bisa menentukan konsep selanjutnya.

Contoh jenis website yaitu website toko online, website pribadi (blog), website berita, dan website forum. Jika sudah menentukan jenis website, Anda dapat dengan mudah memilih web hosting, domain, atau tema yang cocok nantinya.

2. Memilih Platform untuk Website

Langkah selanjutnya yaitu memilihkan platform atau CMS (Content Management Sysem) untuk website Anda. CMS berfungsi untuk mengelola, mengatur, dan membuat konten di dalam website.

CMS juga mempermudah pemilik website untuk menjelajah konten website. Selain itu, CMS membuat Anda tidak harus paham bahasa pemrogaman. Anda dapat menggunakan fitur yang dibawa CMS agar pemilik website bertindak sebagai administrator.

Fitur ini membuat Anda leluasa dalam mengelola dan mengatur konten. Dengan CMS, Anda bisa meningkatkan kualitas serta tampilan website.

Baca Juga : 5 Trik Melihat Jasa Pembuat Web Murah Terpercaya

Terdapat berbagai pilihan CMS yang bisa Anda pilih, diantaranya WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, dsb. Dari pilihan CMS yang ada, platform WordPress adalah yang paling banyak dan digunakan.

Ada banyak keunggulan yang WordPress tawarkan seperti, mudah dipasang, memiliki komunitas yang besar, bersifat open source sehingga punya banyak plugin, dan sangat mudah dioperasikan sehingga cocok bagi pemula.

Pembuatan Website

3. Menentukan Layanan Hosting dan Nama Domain

Setelah menentukan jenis CMS untuk website, selanjutnya adalah memilih hosting dan domain. Keduanya sangat berpengaruh pada kinerja website.

Memilih Hosting Terbaik

Hosting berfungsi sebagai “rumah” atau tempat penyimpanan seluruh data dari website, termasuk teks, suara, gambar, tema, plugin, hingga video. Kualitas sebuah website tergantung dari layanan hosting yang Anda pilih. Oleh karena itu pilih layanan yang kualitasnya bagus.

Ada 4 kriteria yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih layanan hosting. Keempat kriteria tersebut yaitu memunyai tingkat kemanan yang tinggi, waktu loading yang cepat, garansi uptime, dan layanan dukungan pelanggan 24 enuh setiap harinya.

Pilih jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan website. Jenis-jenis hosting yang tersedia di Indonesia antara lain shared hosting, cloud hosting, dan vps hosting. Pilih jenis hosting yang sekiranya memang sesuai dengan website Anda.

Pembuatan Website

Menentukan Nama Domain

Menentukan nama domain untuk website sebenarnya gampang-gampang susah. Agar Anda mudah mendapatkan nama yang baik, perhatikan tips memilih nama domain berikut ini.

  • Pilih nama domain yang mudah diingat oleh orang dan mudah diketik.
  • Nama domain sebaiknya sesuai dengan niche atau topik yang website bawa.
  • Ekstensi harus sesuai dengan isis dan tujuan website. Contoh ekstensi website adalah .COM, .CO.ID, .NET, .WEB.ID, .XYZ, .INFO, dll.

Jadi itulah 3 hal paling pokok yang harus Anda persiapkan untuk membuat website. Percayakan jasa pembuatan website agar hasilnya lebih maksimal dan profesional. Selain harganya terjangkau, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga jika menggunakan jasa buat website.  

Leave a Reply

Contact Us
Whatsapp Only +6281212927351
Work Hours
Mon to Fri : 8AM-5PM Weekend : 10AM-3PM