Social media

4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan

4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan

Dunia Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di masa pandemi yang melanda seluruh wilayah indonesia membuat sebagian besar strategi pemasaran beralih menggunakan media digital baik sosial media maupun platform jual beli online.

Apakah strategi ini sudah di anggap benar..?

Yups,..100% benar, 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan menjadi hal penting dalam dunia marketing, tapii..bukan karena masa pandemi saja strategi ini di lancarkan akan tetapi semenjak dunia online sales berdiri hampir semua jenis usaha jasa dan produk mengembangkan strategi pemasaran beralih ke media sosial ataupun platform berbasis online lainnya.

Lantas bagaimana dengan anda..?

” Saya belum sampai kesana nih mas karena masih buta soal itu ”

Statement seperti diatas sering saya jumpai terhadap para pelaku bisnis mikro di tanah air, kenapa..? karena kebanyakan bisnis mikro masih di tangani secara konvensional, bahkan mungkin sebagian kecil usaha kelas menengah masih menganggap dunia internet sesuatu yang sulit sehingga masih mengabaikan strategi pemasaran berbasis online.

Atau mungkin usaha mikro masih ditangani oleh orang tua yang notaben nya berusia diatas 45 tahun..? bisa jadi..

” Saya pernah kok melakukan strategi itu tapi Gagal..!! ”

Hmm,..mungkin ada yang salah dari awal..?

Atau hanya ini yang dilakukan didalam sosial media anda :

  • Buat akun, Upload Foto profil sebagus mungkin dengan menghiasi cover menarik..?
  • Buat post dengan bahasa yang menarik bahkan terkadang alay
  • Atau cukup buat fan page dan sharing sana sini keteman teman..?

Itu saja masih masih belum cukup, masih banyak PR anda jika hanya melakukan 3 hal seperti diatas.

Oke, tanpa basi basi panjang saya akan memberikan tips yang perlu anda coba Yaitu bagaimana 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan

Social media

1. Gunakan Satu Platform Sosial Media UTAMA dengan FOKUS

Kok cuma satu mas, bukannya banyak sosial media lebih baik..?

Jawabannya TIDAK untuk anda yang..?

  • Pertama mengenal strategi pemasaran menggunakan sosial media
  • Untuk anda yang 70% waktunya untuk kepentingan di lapangan daripada didepan laptop atau Handphone
  • Biaya ads yang belum tentu tepat sasaran karena salah strategi
  • Sumber daya manusia untuk memaintenance sosial media anda
  • Pengalaman atau ilmu sosila media anda yang masih terbatas

Apakah anda merasakan 5 masalah diatas..? jika iya mari kita lihat Sosial media yang cocok menurut anda dan dianggap simple dalam penggunaanya.

Ini grafik penggunaan social media di Indonesia dari We Are Social sampai dengan Januari 2019 :

Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019 – Andi ...
Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019

Sampai dengan januari 2019 pengguna aktif sosial media di duduki oleh Youtube yang mencapai 88% disusul Whatsapp, Facebook dan Instagram.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Membuat Website Blog Untuk Pemula

Dalam informasi grafik diatas anda bisa menyimpulkan sosial media mana yang tepat untuk kita fokuskan menjadi media alternatif promosi dan informasi produk kita.

Bukan berarti Youtube sebagai peringkat atas menjadi media anda yang efektif, Belum tentu..kecuali anda terbiasa bicara atau action didepan camera dan tidak demam camera yaah.

Baca Juga : 9 Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Yang Bisa Kamu Coba

Ditambah usia dan ukuran pengguna aktif youtube serta usaha yang anda kelola tidak cocok dengan platofrm tersebut maka anda bisa melirik platform lain yang sesuai dengan target audience anda.

Baca Juga : Tutorial WordPress 5.6 : Cara Membuat Subdomain Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Untuk lebih memastikan pilihan anda dalam memahami karakteristik dari sosial media yang akan anda fokuskan, mari kita jabarkan lebih detail lagi khusus nya bagi para usahawan UMKM yang belum pernah melakukan campaign atau beriklan yah.

Menggunakan Platform Youtube Jika :

Anda terbiasa dengan Camera dan memiliki keahlian dibidang Video editing yang cukup

Youtube sebagai platform terbesar untuk video streaming menjadi satu satu nya media yang sampai saat ini diakses dari usia 3 th sampai 65 tahun up, Dahsyat yaah.

Tentang periklanan di YouTube

Di YouTube, orang dapat menemukan video dengan berbagai cara misalnya, menelusuri di halaman penelusuran YouTube, mengklik rekomendasi video di halaman tonton, atau memilih video dari feed halaman beranda). Anda dapat menggunakan YouTube untuk beriklan dengan lebih efektif kepada orang-orang yang menelusuri produk atau merek Anda.

Keuntungan beriklan di YouTube

Terhubung dengan audiens Anda: Iklan video dapat membantu Anda terhubung dengan calon pelanggan dengan cara yang unik dan mudah diingat. Anda dapat melakukannya secara personal, berbagi keahlian dengan semua orang, atau merekam diri Anda dan menjelaskan bagaimana produk atau layanan Anda dapat bermanfaat bagi audiens. 

Di point ini bisa di gambarkan bahwa saat anda beriklan di youtube sasaran iklan produk anda mengena pada pemirsa yang melihat layanan konten youtube berdasarkan produk atau jasa yang anda geluti.

Misal jika industri anda adalah bidang makanan, maka audiens yang akan meliihat iklan anda adalah orang orang yang memang sering melihat konten konten makanan di youtube

Youtube memiliki algoritma yang cukup akurat terhadap iklan yang akan ditayangkan, sehingga iklan anda tidak salah sasaran

 Menjangkau pemirsa yang tepat:Jangkau pelanggan Anda di YouTube menurut topik, kata kunci, atau demografi, seperti “wanita berusia di bawah 35 tahun”.

Point kedua bisa digambarkan bahwa iklan yang akan anda tayangkan menyasar pada usia yang sesuai dengan produk anda, dengan algoritma yang dimiliki google penayangan iklan menyesuaikan jenis industri secara akurat dan tepat sasaran berdasarkan rentang usia audiens

Misal industri anda di bidang kosmetik dewasa, maka rentang usia yang akan di sasar oleh google adalah usia diatas 15 tahun.

 Membuat kampanye video hanya dalam beberapa menit:Buat akun, buat atau upload iklan video, dan jangkau audiens Anda.

Google mempermudah cara membuat campaign produk kita dengan bantuan teknologi yang dimiliki google, sampai membuat iklan disedikan fitur create, edit ads dan banyak fitur lain untuk editing video iklan kita.

Mengukur kesuksesan Anda: Cari tahu apakah Anda menjangkau audiens yang tepat. Periksa akun Google Ads Anda untuk melacak detail penayangan, biaya, dan anggaran. Kunjungi tab “Analytics” di akun YouTube untuk mempelajari penonton Anda lebih lanjut. Misalnya, Anda akan mengetahui video mana yang ditonton oleh pelanggan dan seberapa lama mereka menontonnya.

Google menyediakan report berupa google analytics dimana panel dashboard kita saat beriklan di youtube akan menyuguhkan infromasi lengkap mengenai audiens yang merespon iklan kita.

Menggunakan Platform Whatsapp

4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan
Photo by Anton on Pexels.com

Sudah jelas siapa yang tidak tahu whatsapp atau tidak menggunakan whatsapp diera zaman now ini yah. salah satu strategi dari 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan ( UMKM ) salah satunya adalah Whatsapp.

Whatsapp sebagai platform chat terbesar penggunanya menjadi salah satu platform untuk media promosi yang simple dengan mengaktifkan Whatsapp Business anda.

Sudah cukup lama whatsapp diakusisi oleh pihak facebook sehingga platform media sosial terbesar ini semakin banyak memiliki fitur dalam hal konten iklan.

Whatsapp business terintegrasi dengan berbagai platform sampai dengan website yang kita miliki, dimana fitur untuk berkomunikasi dengan pelanggan bisa dialihkan langsung ke kontak whatsapp kita secara otomatis sehingga pelanggan dengan mudah kita mainten dengan baik

Fitur yang dimiliki whatsapp business adalah sebagai berikut :

Business Profile

Anda bisa mengatur profil bisnis anda disini dengan mengupload foto profil bisnis, cover dan sebagainya sehingga pelanggan kita mengetahui jenis industri yang kita miliki dengan mengintip profil kita.

Labels

Difitur ini kita bisa memberikan labels terhadap pelanggan kita mulai dari pelanggan baru, order baru dll sehingga mempermudah kita dalam mengkategorikan pelanggan didalam kontak kita.

Quick Replies

Mungkin kita sering yah mendapatkan pesan otomatis saat kita melakukan chating terhadap teman, atau client kita, nah itulah fitur yang dimiliki whatsapp business.

Fitur ini dikhususkan bagi kita yang menggunakan whatsapp business supaya pelanggan kita tahu saat kita sedang tidak bisa menjawab chat mereka atau dalam keadaan sibuk.

Automated Messages

Pesan otomatis ini dapat kita atur di dalam fitur whatsapp business kita, sehingga saat kita sedang dalam posisi meeting atau tidak dapat melakukan balasan setidaknya sistem yang akan melakukan itu, yaaah itung itung punya sekretaris pribadi laah,.hehee

Cek sumber di Whatsapp Business Fitur

Menggunakan Platform Facebook Jika :

Anda ingin beriklan dengan simple dan gak mau pusing…

Seperti yang kita tahu bahwa platform sosial media yang terbesar saat adalah facebook

Hampir semua rentang usia 10 s/d 65 th keatas menggunakan facebook untuk bersosialisasi dengan sahabat keluarga atau pelanggan, dengan algoritma yang dimiliki facebook iklan kita menjangkau semua pengguna dengan tepat, hampir mirip seperti yang dilakukan oleh google ads sebetulnya jadi anda tidak perlu menggunakan keduanya dalam melakukan campaign.

Dan ini adalah Keunggulan jika kita menggunakan platform Facebook untuk campaign kita :

Meningkatkan brand awareness

Pengguna media sosial di Indonesia terutama jejaring sosial facebook sangatlah banyak, disini akan ditemui pengguna dari seluruh dunia. Pasalnya jejaring sosial ini tidak terbatas wilayah, sehingga antar pengguna dapat berjumpa dalam media sosial online ini. Dengan demikian branding bisnis anda juga akan meningkat dengan mudah, baik dari segi produk, jasa, komunitas dan hal lainnya. Setelah mendapatkan branding, tentu akan lebih mudah untuk anda mencapai tujuan lainnya dan bisnis anda juga akan lebih berkembang. 

Iklan Lebih Tertarget

Maksudnya adalah iklan yang anda buat di facebook ads bisa disesuaikan dengan target bisnis anda. Karena di facebook dengan mudah untuk mengetahui data customer, seperti hobi, usia bahkan jenis kelamin. Dengan begitu anda dapat memperoleh target pasar yang lebih jelas, tentunya hal ini akan berpotensial untuk mendapatkan customer yang tepat. 

Budget Dapat Disesuaikan

Pasti budget menjadi salah satu faktor penting dalam bisnis anda. Tak lain ketika mau beriklan, budget menjadi salah satu pertimbangannya. Dengan Facebook ads anda bisa mengatur berapa budget yang akan di gunakan untuk beriklan. Oleh karena itu, tidak usah takut akan over budget ketika beriklan. 

Menggunakan Media Image, Teks atau Video 

Banyak sekali cara-cara kreatif yang dapat anda gunakan dalam melakukan periklanan di media sosial. Salah satunya yaitu menggunakan gambar, teks ataupun video. Kebanyakan customer lebih senang melihat gambar ataupun video dibanding membaca tulisan, facebook sendiri lebih mengutamakan gambar ataupun video. Dengan adanya tampilan gambar ataupun video yang anda gunakan ketika beriklan, maka calon customer akan tertarik dengan iklan kita.

Hampir mirip dengan google ads yaah… 

Mendapat Keuntungan yang Tidak Terbatas

Mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan menjangkau pasar tak terbatas merupakan impian semua pebisnis. Dengan facebook ads anda dapat mencapai semua itu, karena iklan kita dapat dijumpai oleh berbagai kalangan. Sehingga dengan jangkauan luas yang anda dapatkan, sangat memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan memiliki peluang yang begitu besar.

Selain fitur diatas facebook saat ini sudah mengintegrasikan Whatsapp kedalam Fan Page kita, sehingga calon pelanggan akan lebih mudah dalam berkomunikasi.

Menggunakan Platform Instagram

Selfie selfie paling simple dan memiliki banyak fitur adalah Instagram, kembali lagi nih, Platform yang satu ini pun sudah diakuisisi oleh facebook sehingga saat kita melakukan campaign atau memposting sesuatu dimedia sosial seperti instagram bisa terintegrasi dengan platform lain milik besutan Mark Zuckerberg.

Dan inilah keunggulan yang dimiliki oleh Instagram ads yang bisa anda andalkan dari 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan ( UMKM ) :

Beberapa informasi yang perlu diketahui tentang manfaat menggunakan Instagram Ads;

  • Mendapatkan Informasi Pengguna Instagram Secara Spesifik

Instagram menggunakan penargetan iklan seperti Facebook Ads sehingga Anda dapat memperoleh informasi yang lebih spesifik menganai pengguna Instagram. Instagram Ads menetapkan target berdasarkan faktor usia, lokasi, hingga jenis kelamin. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh data pengguna Instagram berdasarkan kepentingan, hobi, dan koneksi pengguna. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan secara langsung di hadapan target market yang dibidik sehingga Anda dapat benar – benar merasakan keuntungan menggunakan Instagram Ads untuk keperluan bisnis online

  • Tersedia Beragam Pilihan Format Iklan

Instagram Ads menawarkan banyak pilihan format iklan. Setidaknya ada 3 jenis iklan yang dapat dipilih yakni berupa gambar, video, dan beberapa gambar di dalam satu postingan. Banyaknya pilihan jenis iklan di Instagram ini tentu membuat para pengguna merasa lebih tertarik untuk melakukan tindakan seperti memberikan like, berkomentar, atau bahkan mengikuti akun Anda. Hal ini pada akhirnya akan menguntungkan untuk pertumbuhan interaksi antara brand atau akun dengan target market yang sesuai dengan keinginan Anda

  • Mengajak Pengguna Meningkatkan Engagement

Instagram Ads mengajak para penggunanya untuk meningkatkan engagement. Contohnya Anda dapat menggunakan tombol yang berupa ajakan seperti Kunjungi Situs Web, Follow, hingga Download Apps melalui 3 jenis iklan yang ditawarkan oleh Instagram Ads. Sekarang Anda dapat meninggalkan kebiasaan memberikan arahan “Lihat link di bio” karena sudah mendapatkan tingkatkan engagement yang lebih tinggi

  • Mengarahkan Pengunjung Untuk Mengunjungi Web Anda

Mungkin Anda mendapatkan banyak komentar dan like, tetapi sangat jarang yang mengunjungi web Anda karena meletakkan link yang tidak dapat diklik di postingan video atau gambar. Dengan adanya Instagram Ads, sekarang Anda dapat memasukkan link yang akan mengarahkan para pengguna untuk mengunjungi web Anda secara langsung.

KESIMPULAN

Dari 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan yang manjadi target kita dalam memfokuskan iklan kita bisa menyimpulkan bahwa sebetul nya 1 sosial media akan cukup untuk kita melakukan campaign, kenapa..? karena 1 pengguna pastinya memiliki banyak akun disosial media yang lain dengan karakteristik penggunaan yang sama, artinya jika kita fokus dan sudah sangat memahami dalam menggunakan sosila media iklan kita akan mudah mengena sesuai target kita.

Untuk lebih Spesifik mendalami ilmu Sosial Media Marketing anda bisa mengunjungi Website ini agar ilmu sosil media marketing anda lebih dahsyat lagi.

2. Ikuti atau gabung kedalam Forum, Group di Sosial Media

Penejelasan panjang mengenai penggunaan sosial media masih belum cukup tenyata yaah..?

Yups..banyak PR lagi jika kita menginginkan Brand sebuah bisnis akan dikenal lebih banyak pelanggan salah satunya adalah mengikuti forum atau group di sosial media.

Apakah Penting mas..?

Bagaimana anda bisa tahu permasalahan calon pelanggan kita jika tidak melakukan risset atau mengikuti kondisi yang terjadi up to date.

Banyak forum atau group di sosial media yang dapat kita gunakan untuk melakukan campaign, setidaknya meninggalkan jejak link disana, kenapa..? karena dengan cara itu setidaknya brand kita bisa dikenal secara gratis.

Mengikuti postingan di Forum dan group serta ikut andil dalam postingan tersebut terutama permasalahan yang menyangkut bisnis kita, misal jika bisnis kita kategori Perbengkelan gabung di group komunitas bengkel dan ikut andil setiap permasalahan yang terjadi di group, cara ini akan efektif mengingatkan anggota saat memiliki problem yang sama sehingga akan menjadikan anggota lain ingin mengenal lebih jauh tentang usaha anda, Ingat..!!! di dalam sebuah group meskipun itu komunitas Bengkel misalkan tidak semuanya anggota memiliki bengkel dan itu artinya ada peluang kita mendapatkan pelanggan baru.

3. Membangun Portal Web UMKM Sendiri

Nah ini bagian Penting dalam membangun dan mengembangkan usaha UMKM dengan 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan kita agar lebih mapan.

” Kan mahal mas bikin Website “

” Itu dulu, waktu layar komputer kita masih Kotak dan cembung,..hehehe “

Dari sekian banyak pembaca pasti ada yang mengalami masa sulit melihat dunia luar menggunakan internet, zaman masih ramai Warnet yang kalau browsing masih menggunaka ie yah.

Perkembangan teknologi dan sistem cloud computing yang terus maju menjadikan beberapa masalah yang dianggap mahal menjadi less budget, salah satunya adalah membangun website.

bahkan banyak juga yang menawarkan membuat website gratis garing cuma cuma,..hehehe salah satunya tunjukita.xyz ini.

Tapiii…jangan salah pengertian dulu soal Gratis nih, dalam konteks gratis yang ditawarkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah

Gratis Membuat Website Sendiri Tapiiii….

Banyak situs menawarkan Gratis buat Website sendiri, saat kita kunjungi ternyata Gratis itu kita harus susah payah juga meng edit Tema web yang sudah ada untuk kita sesuaikan dengan kemauan kita walaupun disediakan tool untuk melakukan proses edit yah.

Setidak nya untuk pemula akan menjadi masalah utama, sehingga saat kita otak atik tema nya dan mentok akhirnya kita tinggalkan begitu saja.

Ada yang mengalami hal sama..?

Jika iya silahkan komen nanti dibawah yaah,.hehehe

Seperti yang saya bahas di Awal cerita artikel ini bawasanya tidak semua Usahawan UMKM melek teknologi, itu yang sedang kita bicarakan, buat yang sudah melek mungkin bisa menambah wawasan, insha allah..

Jadi dalam mebangun web memang banyak penawaran GRATIS yang pada akhirnya kita merasakan ” Tapiii,..susah juga buat sendiri”. oooh ternyata

Hmmmm…apa semua Gratisan Sama…? terus situs mana yang memang betul menawarkan GRATIS tapi langsung pakai sesuai main bisnis kita,..? CEK DISINI

Oke kita lupakan dulu soal GRATISAN yah, yang ingin kita bahas adalah bagaimana memanfatkan Website kita untuk memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM yang kita bangun.

  • Membangun Website yang terintegrasi dengan Sosial Media

Website sebagai salah satu media informasi paling lengkap yang kita miliki sangat efektif jika pemanfaatannya tepat dan menjadi bagian dari 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan ( UMKM ).

Semua informasi mengenai bisnis kita ada didalam website yang kita bangun, tanpa ada aturan dari pihak pemilik platform seperti facebook dan sosial media lain, yang saat kita melakukan kesalahan yang tidak kita mengerti akhir nya akun kita ditutup paksa oleh platform tersebut.

Ada yang mengalami…? silahkan komen dibawah,.hehehe..

Website yang terintegrasi artinya setiap kita melakukan update produk ataupun artikel mengenai bisnis kita akan terposting secara otomatis di halaman sosial media kita, sehingga infromasi akan lebih cepat di sebar tanpa kita harus bolak balik memposting di berbagai sosila media.

Saat kita sudah bisa Fokus kedalam salah satu Sosial media sebagai target campaign kita apalagi sudah mencapai jumlah followers yang cukup maka postingan di situs kita akan menginformasikan secara lengkap kepada calon pelanggan yang sudah terhubung dengan sosil media, Gak repot kan.

  • Membuat Konten yang bebeda meskipun Jenis bisnis yang sama

Model bisnis boleh sama tapi jika konten yang kita berikan berbeda unik dan lain dengan yang lain pastinya calon pelanggan akan betah berlama lama di website kita untuk menggali lebih banyak informasi yang dibutuhkan.

” Konten adalah Raja “

Chris Evans Wow GIF by Nerdist.com - Find & Share on GIPHY

Yups sebagian besar menyatakan itu dalam dunia blogger, Vloger dan para influencer saat ini.

” Kan buat konten itu susah butuh ide yang lebih “

Memang susah, karena Yang mudah akan cepat susah nya.

Banyak cara dan tutorial dalam membuat sebuah konten kita bisa melihat lihat tutorial atau melakukan risset terlebih dahulu sebelum membuat sebuah website, meskipun itu web company atau sekedar web informasi.

  • Design Web yang user friendly

Layout dan Design yang wah itu penting supaya pengunjung betah berlama lama, tapiii…jangan sampai pengunjungi merasa susah dalam mencari informasi karena terlalu banyak fitur di dalam web itu sendiri.

Faktor kemudahan pengunjung untuk mencari informasi menurut saya jauh lebih penting, karena jika pelanggan sudah mengunjungi web kita maka tujuan utama mereka adalah mencari produk atau jasa yang di inginkan.

  • Konsisten dalam Mengupdate Konten

Kemungkinan besar pebisnis menengah keatas pastinya memiliki Website, tapi belum tentu memainten dengan baik, itu mengapa di era zaman now ini banyak muncul perusahaan yang bergerak dalam bidang copy writer atau update konten secara rutin karena memang masalah ini tidak boleh dianggap sepele.

Sebuah website besar tapi konten nya hanya itu itu saja seperti orang yang tidak punya baju banyak yah,..hehehe jadi monoton.

Setidaknya dalam 1 minggu kita bisa update konten minimal 2 X dengan informasi baru, baik itu produk ataupun informasi seputar bisnis kita bahkan jangan salah, kemungkin justru artikel yang kita buat didalam website kita akan menghasilkan uang dengan google adsense itu yang dilakukan para blogger.

KESIMPULAN

Dalam perkembangan dunia informasi seperti yang kita tahu saat ini bawasannya media koran, majalah yang berbentuk fisik sudah di tinggalkan oleh banyak orang dan beralih kedalam media digital yang praktis dan bisa didapat kapan pun dimanapun.

Sehingga kebutuhan membangun sebuah Portal web menjadi sebuah kebutuhan yang bukan lagi sekunder tapi sudah menjadi kebutuhan premier bagi para usahawan UMKM sebagai media informasi lengkap untuk memenuhi kebutuhan informasi calon pelanggan.

So,..? apakah anda masih ragu untuk membuat sebuah website..? komen dibawah yah…

4. Fokus Menggunakan Digital Marketing

Menggunakan Sosial Media sebagai salah satu tools digital marketing tentunya membutuhkan sebuah perjuangan yang tidak mudah, akan tetap lebih meminimalis budget dan waktu saat semua sudah berjalan dengan baik, seperti yang sudah pernah saya quote diatas ” Yang Mudah akan lebih cepat susah ”

Fokus dalam menggarap sebuah campaign melalui sosial media menjadi faktor penting saat ini untuk pengembangan sebuah usaha UMKM apalagi merintis usaha baru, karena dunia konvensional semakin tergerus akan kemajuan teknologi.

Perbandingan kita membuat sebuah iklan yang kita pajang besar menggunakan Baleho dengan kurun waktu 1 bulan lebih mahal berbading 1 bulan menggunakan sosial media dengan pastinya jangkauan audiens akan lebih tepat sasaran

Bayangkan jika kita memajang Baleho tentang produk makanan di perempatan besar yang notaben nya pengendara lebih fokus terhadap smartphone saat lampu merah, karena memang saat ini seperti itu kondisinya.

” Budget yang kita keluarkan tidak seimbang dengan hasil ( engagement ) “

KESIMPULAN

4 Hal dasar dalam membangun sebuah usaha tak lepas dari sebuah teknologi dan promosi, sehingga 4 dasar ini adalah sesuatu yang wajib yang kita bisa coba untuk memperluas pasar kita

  1. Fokus Menggunakan satu platform Sosial Media
  2. Gabung kedalam Forum dan Group di Sosial Media
  3. Membangun Portal Web sebagai Media informasi lengkap
  4. Dan Fokus mengembangkan Usaha menggunakan Digital marketing

4 elemen diatas adalah bagian dari nadi jalannya usaha kita, karena tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi membantu dalam kegiatan usaha bentuk apapun.

Jangan biarkan Pesaing Kita memulai lebih dahulu, Mulai langkah awal kita dengan mengenal teknologi walaupun itu masih sulit belajar dan belajar adalah hal yang tidak bisa kita tinggalkan, karena jika kita abaikan teknologi maka siap siap kita yang ditinggalkan calon pelanggan.

Itulah Tips dari saya tentang 4 Sosial Media Untuk Strategi Penjualan

Salam Sukses dari Kami semoga tulisan ini membuka cara berfikir kita sebagai calon pengusaha sukses, aamiin dan mohon maaf jika masih banyak tulisan yang masih dianggap kurang ataupun menyinggung pembaca, karena artikel ini dibuat untuk menambah informasi dan wawasan kita, tidak lebih.

Dari Kami

Kang Admin

2 Comments

Comments are closed.

Contact Us
Whatsapp Only +6281212927351
Work Hours
Mon to Fri : 8AM-5PM Weekend : 10AM-3PM