Desain Grafis

Memahami 3 Hal Pentingnya Desain Grafis Untuk Bisnis Anda

Table of Contents

Desain Grafis

Sebuah bisnis atau usaha, dapat dikenal masyarakat dan menguasai pasar karena adanya langkah promosi. Untuk membuat promosi berhasil menarik minat calon pembeli, salah satunya dari kekuatan visual. Hal ini bisa diwujudkan dengan desain menarik dari desain grafis.

Ini berkaitan dengan salah satu jenis desain grafis yakni desain grafis periklanan. Dimana tujuannya adalah mengajak audiens atau calon pembeli untuk membeli dan menggunakan produk yang diiklankan.

Meski terlihat nyaris serupa, promosi atau periklanan ini berbeda dengan marketing atau pemasaran. Hal itu karena pemasaran berfokus pada kebutuhan juga keinginan konsumen. Sementara promosi di tahap memperkenalkan dan mempengaruhi.

Arti Desain Grafis

Sebelum membahas lebih jauh manfaatnya bagi dunia bisnis, kita pahami dulu apa pengertian desain grafis dan contohnya. Arti dari desain grafis adalah ilmu seni yang mengedepankan kreatifitas untuk mengatur juga membuat ilustrasi, foto, tulisan juga garis pada sebuah media.

Tujuan penggunaannya ialah untuk meningkatkan efektifitas komunikasi visual melalui gambar agar pesan dapat tersampaikan. Oleh sebab itu mengapa hal ini begitu penting bagi langkah promosi untuk produk dari sebuah bisnis.

Desain Grafis

Manfaat Menggunakan  Desain Grafis untuk Promosi.

Sesuai dengan tujuan penggunaannya yaitu menjadi media komunikasi visual yang efektif, desain grafis memberikan banyak manfaat bagi kegiatan promosi dalam sebuah bisnis.

Berikut ini beberapa manfaat juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya adalah:

1. Potensi Penjualan dapat Ditingkatkan

Desain yang menarik, akan sangat membantu perusahaan untuk bisa menarik perhatian juga minat pelanggan. Baik desain produk, desain kemasan ataupun desain promosi sebagai bentuk pengenalan.

Baca Juga : 9 Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Yang Bisa Kamu Coba

Dengan desain gambar yang menarik, memungkinkan Anda membuka target pasar baru. Anda bisa dengan mudah mencapai target market yang diinginkan. Tentunya dengan bantuan promosi yang berhasil meyakinkan mereka untuk berubah dari calon pembeli menjadi pelanggan.

2. Menarik Masyarakat untuk Melihat Iklan dan Mengingatnya

Menurut teori desain grafis, sebuah desain harus memiliki point of interest atau emphasis. Hal ini akan sangat membantu kegiatan promosi usaha atau bisnis Anda.

Sebuah desain iklan yang memiliki titik penekanan yang tepat, tentu mampu menarik masyarakat untuk melihat iklan tersebut. Apabila terdapat keunikan yang menjadi ciri khasnya, maka akan lebih mudah bagi masyarakat untuk mengingatnya.

Dengan demikian, tujuan promosi pun tercapai. Dari sini, target penjualan yang diinginkan juga akan lebih mudah untuk diwujudkan.

Desain Grafis

3. Menyampaikan Pesan dengan Lebih Meyakinkan

Ketika Anda melakukan promosi hanya menggunakan serangkaian kalimat, mungkin akan dilihat tetapi belum cukup meyakinkan hingga membuat masyarakat berminat. Di sinilah peran desain grafis diperlukan.

Sentuhan gambar atau seni visual yang menarik, selain menarik perhatian juga akan lebih meyakinkan. Anda hanya harus menyesuaikan gambar juga warna dari desain tersebut. Tujuannya agar dapat mewakili produk juga pelayanan yang tengah Anda tawarkan.

Kriteria Desain untuk Promosi

Agar tujuan promosi dapat dicapai, maka terdapat beberapa kriterian yang harus dipenuhi oleh desain yang dipergunakan. Kriteria yang dimaksud, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Secara sederhana, hal ini dapat diartikan bahwa desain promosi yang Anda gunakan unik, menarik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu, masyarakat atau konsumen dapat dengan mudah mengenali produk yang Anda miliki.

Dengan brand awareness yang tinggi, potensi menjadikan seseorang sebagai loyal customer juga lebih tinggi. Hal ini bisa diwujudkan melalui penggunaan tag line, logo, juga nama brand pada setiap desain promosi Anda.

Desain Grafis

2. Lengkap

Desain promosi memang harus menarik, akan tetapi tidak cukup dengan itu saja. Anda harus menambahkan informasi lengkap di dalamnya. Mulai dari pelayanan, program promosi yang berjalan, juga informasi produk.

Meskipun begitu, estetika tetap dikedepankan. Tujuannya agar promosi tetap menarik perhatian.

3. Otentik

Penggunaan desain promosi harus otentik, original dan berkarakter. Hal ini mengacu pada standar kualitas desain grafis yang menuntut kreatifitas serta berbeda dari desain lainnya. Dengan begitu juga akan memudahkan proses pembentukan karakter juga identitas dari produk atau bisnis Anda.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa desain grafis memiliki pengaruh yang cukup besar bagi keberhasilan promosi sebuah produk. Hal ini juga berhubungan dengan kelangsungan serta potensi perkembangan bisnis yang dijalankan. Sebab desain menjadi media penyampai pesan yang akan menarik minat pelanggan.

Sumber Artikel

https://digipreneur.site/desain-yang-menarik-merupakan-salah-satu-kunci-dari-keberhasilan-promosi/

https://seomuda.id/pentingnya-desain-dalam-dunia-marketing/

Contact Us
Whatsapp Only +6281212927351
Work Hours
Mon to Fri : 8AM-5PM Weekend : 10AM-3PM