gutenberg post blocks

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks Terbaru 2020

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks Terbaru 2020

Hi Para Blogger bagaimana kabar blog kamu.? semoga terus berkembang dan tetap semangat update artikel yah.

Sejak Versi 5.0 WordPress menjadikan Gutenberg sebagai default editor. Sehingga, semua pengguna WordPress tentu perlu tahu cara menggunakan editor Gutenberg. 

Gutenberg sendiri menawarkan fitur yang lebih modern dari editor sebelumnya (classic editor). Contohnya seperti fitur block yang memudahkan pengguna untuk memasukkan berbagai jenis konten ke dalam artikel.

Dalam Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks Terbaru 2020 artikel kali ini saya akan membahas lebih rinci bagaimana mengatur postingan artikel kita kedalam layout halaman homepage agar terlihat lebih keren dan enak dipandang mata dengan plugin gutenberg post block tentunya.

Baca Juga : Tutorial WordPress 5.6 : Cara Membuat Subdomain Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Tapi sebelum kamu membaca lebih rinci lagi ada baiknya kamu melihat terlebih dahulu artikel saya sebelum nya tentang Membuat Website Blog Dengan 6 Plugin Gutenberg Blocks karena dalam artikel ini saya memberikan gambaran secara global membuat website dengan bantuan plugin gutenberg.

Seperti biasa nih sahabat blogger kalau kamu mau membangun website tentunya kamu butuh hosting dan domain yah, untuk mendapatkan hosting dengan diskon khusus kamu BISA KLIK DISINI

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks

Sebelum Anda menggunakan plugin yg satu ini ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa fungsi dari plugin gutenberg post blocks ini dan tentunya kalian harus mendownload terlebih dahulu plugin yg satu ini di website resmi nya DISINI

Deskripsi
Blok Pos Gutenberg adalah plugin blok pos untuk membuat blok jaringan pos yang indah, blok daftar pos, blok penggeser pos, dan blok korsel pos dalam beberapa detik.

Post Bloks Gutenberg yang Dapat Diedit Langsung
Setiap pengaturan secara visual dapat diedit di Blok Pos Gutenberg. Anda dapat mengubah desain blok pos Anda dengan pengaturan desain utama. Sejumlah besar font Google telah ditambahkan untuk desain bagian Anda. kalau anda tidak cukup memiliki kemampuan dalam design halaman ? Tidak masalah, blok bagian preset dan blok tata letak siap untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga : Tutorial WordPress 5.6 : Cara Membuat Subdomain Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Blok Slider
Penggeser dinamis menggunakan posting sekarang lebih mudah dibuat menggunakan blok posting Gutenberg. Slider akan dijalankan dengan kendali Anda, desain keinginan Anda. Blok Post Grid hadir dengan kendali penuh atas desain modern.

Dengan menggunakan pembuat kueri Gutenberg Post Blocks, Anda dapat membuat kueri kompleks untuk kisi pos Anda. Siapa pun dapat membuat kueri kompleks untuk setiap blok tanpa menulis satu baris kode pun.

APA YANG DAPAT DIBUAT MENGGUNAKAN PLUGIN INI?
Blog Berita
Blog Pribadi
Kotak Posting Blog
Daftar Entri Blog
Pasang Slider
Pasang Carosel
FITUR KUNCI GUTENBERG POST BLOCKS:
Blok pos Gutenberg ini hadir dengan banyak fitur utama.

Kategori dan Filter Tag di Blok
9 Blok Pos Gutenberg yang Dibuat dengan indah
1 Blok Penggeser Pos Gutenberg
10+ Bagian Premade
2+ Tata Letak Premade
Daftar Blog dengan kendali tertinggi
Posting Grid dengan kontrol pamungkas
Posting Slider dengan Animasi
Dukungan Font Google di Blocks
Pembuat Kueri Posting Tingkat Lanjut di Blok
Ikon kustom SVG di Blocks
Muat Lebih Banyak dengan Blok Bertenaga AJAX
Navigasi dengan Blok Bertenaga AJAX
Berikutnya Sebelumnya dengan Blok Bertenaga AJAX
Pengaturan Responsif di Blok
Kontrol Tipografi Tingkat Lanjut dalam Blok
Dukungan Animasi di Blok
Opsi CSS Kustom di Setiap Blok
Judul Bagian dengan banyak desain preset

Daftar Blok Gutenberg
  • Daftar Posting # 1 Blok: Tampilkan daftar halaman blog Anda dengan desain gambar besar teratas di Blok Gutenberg.
  • Daftar Posting # 2 Blok: Tampilkan posting dinamis dengan desain tebal posting pertama di Blok Gutenberg.
  • Daftar Posting # 3 Blok: Tampilkan daftar halaman blog Anda dengan desain gambar samping di Blok Gutenberg.
  • Post Grid # 1 Blocks: Menampilkan postingan grid dengan gambar besar teratas di Gutenberg Blocks.
  • Post Grid # 2 Blocks: Menampilkan postingan grid dengan gaya gradien overlay di Gutenberg Blocks.
  • Post Grid # 3 Blocks: Menampilkan posting grid gradien dengan desain tebal teratas di Gutenberg Blocks.
  • Post Grid # 4 Blocks: Menampilkan posting grid gradien dengan desain tebal kiri di Gutenberg Blocks.
  • Post Slider # 1 Blocks: Menampilkan slider dinamis dari posting blog Anda di Gutenberg Blocks.
  • Heading Block: Menampilkan heading dari bagian tertentu dengan banyak desain yang telah dibuat sebelumnya di Gutenberg Blocks.
  • Blok Gambar: Menampilkan Gambar dengan banyak gaya, tombol, dan overlay di Blok Pos Gutenberg.

Dengan Fitur yg begitu banyak dan gratis bisa kita gunakan dalam membuat layout halaman homepage kita, akan membuat tampilan homepage semakin enak dipandang mata.

Oke..kita bahas 1 demi 1 fitur dari Gutenberg Post Block kali ini :

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks yang pertama Posting # 1 Blok

Untuk Menggunakan Posting # 1 Blok langkah yg harus kalian lakukan adalah :

Kalian Klik tombol + di pojok kiri dashboard seperti gambar diatas kemudian search Post List #1 maka akan muncul widget gutenberg post blocks yg kalian bisa sematkan di halaman homepage atau artikel kalian seperti contoh artikel dibawah ini :

Setting Post List # 1

Di dalam settingan Post List 1 kamu bisa mengatur Design, Setting Layout dan pengaturan lanjutan untuk tampilan post di halaman homepage kamu dengan sangat mudah, berikut settingan yg kamu lakukan :

DESIGN

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks kedua adalah SETTING GENERAL

Di dalam settingan general kalian bisa mengatur Jumlah kolom pos yg akan di tampilkan sampai dengan pagination yg semua bisa diatur tanpa kalian harus mengerti codingan.

Untuk layout seperti heading judul artikel pun kalian bisa atur di dalam settingan general ini

Panduan Menggunakan Editor Gutenberg Post Blocks yang ketiga adalah SETTINGAN QUERY

Di dalam settingan query ini kalian bisa mengatur Pos dengan kategori tertentu atau semua kategori pos yg akan di tampilkan di halaman homepage kalian dengan mudah.

Jumlah pos yg tampil di halaman pun bisa kalian atur di settingan query ini

SETTINGAN TAJUK

Di dalama settingan tajuk ini kalian bisa mengatur style dari Judul Layout kalian dari mulai Style 1 sampai dengan style 20 yg masing-masing memiliki design style berbeda sesuai dengan keinginan kalian

SETTINGAN PAGINATION

Untuk mempermudah pembaca dalam berpindah halaman kalian bisa atur di settingan ini yg di dalamnya terdapat fitur style pagination yg berbeda sesuai dengan keinginan kamu dari style text and arrow dan only arrow.

SETTINGAN GAMBAR

Untuk mengatur besar dan kecil nya gambar yg tampil di pos artikel, kalian bisa atur di dalam settingan ini, mulai dari pengatur tampilan sampai tinggi gambar kalian bisa atur sesuai dengan keinginan, biasanya saya mengatur gambar di dalam settingan ini dengan style Full Image jika pos yg saya tampilkan menggunakan Style 1

Sampai animasi yg akan tampil dari gambar di pos artikel pun bisa kalian atur, akan tetap menghindari loading lama dalam membuka artikel saya tidak menyarnkan anda untuk mengaktifkan fitur ini.

SETTINGAN KUTIPAN

Jumlah Kutipan sangat penting dalam menampilkan pos di halaman depan homepage kita, terkadang jumlah kutipan yg sedikit membuat tampilan kurang enak di pandang mata, pada settingan Kutipan ini kalian bisa atur jumlah kutipan pos yg akan di tampilkan sebagai kutipan awal sesuai dengan layout yg kalian inginkan, biasanya saya menampilkan jumlah kutipan 50-60 kutipan di halaman depan homepage.

SETTINGAN READ MORE

Untuk settingan ini kalian bisa mengubah teks dari judul read more menjadi sesuai dengan keinginan kita seperti read more di ganti dengan Selengkapnya.

Dari 15 Settingan yg terdapat pada fitur Post List 1 atau Semua Jenis Widget Gutenberg Post Blocks ini biasa nya saya hanya mengandalakan 7 settingan diatas untuk mempermudah pembaca dalam melihat artikel kita dan itu sudah sangat cukup membuat halaman depan homepage kita menjadi tampilan yg sekelas Premium

Untuk Pengatura Post # 2 Blocks sampai dengan Image Block sistem pengaturan hampir sama persis dengan pengaturan Post List 1, jika kalian sudah menguasai 1 pengaturan saja artinya saya yakin kalian bisa membuat pengaturan lain di setiap fitur Gutenberg Post Blocks ini.

Sekian Artikel dari saya jika ada kekurangan atau pertanyaan mengenai Panduan menggunakan editor Gutenberg post blocks ini kalian bisa komentar dibawah atau bisa menghubungi kontak saya yg sudah saya sediakan di halaman subscribe.

Sampai jumpa di Panduan berikutnya.

Salam Blogger

Kang Admin

Contact Us
Whatsapp Only +6281212927351
Work Hours
Mon to Fri : 8AM-5PM Weekend : 10AM-3PM